Selasa, 18 Oktober 2016

Cara Menjaga Kesehatan Kuku

Kuku adalah salah satu organ tubuh yang tidak boleh diabaikan begitu saja. Ketika kuku jarang sekali dirawat atau bahkan pola hidup yang salah ketika menggunakan tangan, maka yang terjadi adalah timbulnya penyakit, mulai dari yang terkecil seperti gatal hingga penyakit yang besar, misalnya infeksi bakteri. Untuk mencegah itu semua, Anda tidak perlu sering melakukan manikur. 
cara menjaga kesehatan kuku di bawah ini :
  1. Perhatikan cat kuku
Menggunakan cat kuku tidak akan membuat kuku Anda mengidap penyakit. Namun memberikannya jeda untuk beristirahat adalah hal yang bijak. Selain untuk bernapas, menghilangkan cat kuku juga membuat Anda dapat melihat kotoran-kotoran yang terdapat pada kuku bagian dalam.
Anda dapat membersihkan kuku dari cat dengan cairan aseton atau pembersih cat kuku lainnya. Jangan lupa untuk menggunakan sarung tangan ketika melakukan aktivitas yang sekiranya dapat mengotori tangan dan kuku, seperti saat Anda berkebun atau membersihkan rumah.
  1. Melembabkan kuku
Kuku yang kotor dan jarang dirawat biasanya akan mengalami banyak masalah kesehatan, seperti rasa nyeri, kemerahan, pembengkakan bahkan munculnya nanah. Oleh sebab itu, sangat perlu bagi Kita untuk melembabkan kuku dan kutikula. Cairan pelembab kuku sendiri biasa Kita temui pada tempat-tempat manikur. Anda juga bisa mencarinya ke dokter umum ataupun spesialis kulit. Tidak jarang para ahli medis menyediakan obat infeksi khusus kutikula.
  1. Memangkas kuku
Memiliki kuku yang panjang sudah bukan lagi jamannya saat ini. Selain karena masalah estetika, memangkas kuku secara rapih dan tepat juga mempengaruhi kesehatan. Terlebih jika kuku tersebut sering dipakai kegiatan yang membuat kotoran melekat dan masuk ke dalam sela-selanya. Sedangkan untuk waktu memangkas kuku sendiri tergantung kecepatan pertumbuhan kuku Anda. Namun biasanya, satu minggu sekali adalah kurun waktu yang standar untuk memangkasnya.
  1. Rajin mencuci tangan
Cara menjaga kesehatan kuku selanjutnya adalah dengan selalu mencuci tangan sehabis melakukan aktivitas. Dengan melakukannya secara konsisten, kuku Anda akan terhindari dari berbagai serangan penyakit, seperti infeksi bakteri dan pertumbuhan jamur. Selain itu, Anda juga harus membersihkan bagian punggung kuku dan sela-selanya dengan cara digosok, misalnya menggunakan sikat gigi atau sikat khusus yang berukuran kecil dengan bulu yang lembut.
  1. Gunakan sarung tangan khusus
Ada beberapa keadaan dimana Anda harus menggunakan sarung tangan sebagai cara menjaga kesehatan kuku. Misalnya ketika Anda sedang mencuci piring, baju ataupun sedang menggunakan peralatan dan bahan kimia. Cairan pembersih ataupun cairan kimia tersebut dapat membuat kuku kehilangan kekuatannya, sehingga sangat rapuh. Selain itu, diterjen dan bahan kimia sejenisnya tersebut juga dapat membuat kulit disekitar kuku mengalami iritasi dan kemerahan.
Kesimpulan : Dari beberapa cara menjaga kesehatan kuku di atas, Kita bisa menyimpulkan bahwa penyakit yang timbul pada kuku dapat dihindari, dicegah dan diobati dengan cara selalu menjaga kuku tetap bersih dan terhindari dari zat kimia . Selain itu, Anda juga perlu tahu bahwa manikur secara berlebihan hanya akan membuat kuku rusak. Oleh sebab itu, sebisa mungkin untuk meminimalkan kegiatan manikur.sumber

5 komentar: